Kelimutu Journal of Community Service
Vol 3 No 2 (2023): Kelimutu Journal of Community Service (KJCS)

Program Pelatihan Sistem Informasi Geografis dengan Mymaps Untuk Mgmp Guru Geografi SMA Se-Kabupaten Kupang

Arfita Rahmawati (Universitas Nusa Cendana)
Hamza Huri Wulakada (Universitas Nusa Cendana)
Muhammad Husain Hasan (Universitas Nusa Cendana)
Agustinus Hale Manek (Universitas Nusa Cendana)
Katharina Deno Lamba (Universitas Nusa Cendana)
Maria Yuniati Muda (Universitas Nusa Cendana)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2023

Abstract

Sesuai dengan Undang-Undang SISDIKNAS Nomor 20 tahun 2003 tentang tujuan pendidikan nasional. Berdasar tujuan nasional pendidikan tersebut maka teknologi geospasial sangat penting bagi pembelajaran guru di Sekolah Menengah Atas sehingga dapat menjawab tantangan era industri 4.0. Oleh karena itu maka kegiatanPelatihan Sistem Informasi Geografis dengan Mymaps dapat menjawab tantangan yang dihadapi oleh Guru Sekolah Menengah Atas saat ini. Analisa data dalam pengabdian ini dilakukan dengan analisa data kuantitatif. Analisa data kuntitatif digunakan untuk Teknik analisia data yang dilakukan dengan menggunakan analisa pada ranah psikomotorik. Peserta pelatihan sebagai subyek penelitian, diminta untuk mencoba atau mempraktikan materi yang diajarkan selama pelatihan jika peserta melakukan langkah-langkah dengan benar mendapat nilai satu dan jika salah mendapat nilai nol. Keluaran yang diharapkan dari PKM “Program Pelatihan Sistem Informasi Geografis Dengan Mymaps Untuk MGMP Guru Geografi SMA Se-Kabupaten Kupang” ini adalah guru dapat menggunakan aplikasi ini dan menerapkannya di dalam pembelajaran geografi. Berdasarkan hasil evaluasi penilaian peserta, sebesar 76,93% peserta pelatihan memiliki pemahaman dan pengaplikasian materi yang disampaikan secara baik dan 23,07% dengan nilai cukup dalam hal ini target telah tercapai. Sebanyak 84,61% peserta kegiatan menyatakan bahwa kegiatan PKM ini sangat bermanfaat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

kjcs

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The scope of this journal is the results of research-based community service in the field of education, such as curriculum development, learning evaluation, learning innovation, teacher professionalism development, classroom action research, various other educational topics, as well as ...