Pengaruh Metode Proyek Terhadap Sikap Tanggungjawab Anak. Perkembangan anak usia dini pada setiap tahap perkembangan mengalami perubahan yang signifikan dalam berbagai aspek, termasuk perkembangan sosial dan moral. Sikap tanggungjawab sebagai bagian penting dari karakter, menjadi elemen krusial yang perlu ditanamkan sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh metode proyek terhadap sikap tanggungjawab anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Abepura, Kota Jayapura. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimental one group pre-test - post-test. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Abepura, Kota Jayapura. Penelitian melibatkan 26 anak sebagai sampel penelitian yang diambil dengan teknik purposive sampling. Observasi digunakan sebagai teknik pengumpulan data, sementara analisis data menggunakan uji paired sample t-test. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dari rata-rata pretest (21,42) ke posttest (29,65), dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Kesimpulannya, metode proyek memiliki dampak positif yang signifikan terhadap peningkatan sikap tanggungjawab anak. Penelitian ini memberikan wawasan bagi pendidik dan orang tua tentang efektivitas metode proyek dalam membentuk sikap tanggungjawab pada anak usia dini.
Copyrights © 2024