Kultura: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora
Vol. 2 No. 8 (2024): Kultura: Jurnal Ilmu Hukum, Sosial, dan Humaniora

TRANFORMASI KURIKULUM IPS TERPADU : ANALISIS PERKEMBANGAN

Khairunnisa, Zakenia (Unknown)
Susanti, Emilia (Unknown)
Putri, Dinda (Unknown)
Safitri, Nurhabiba (Unknown)
Yunizar, Nurlia (Unknown)
Aisyah, Aisyah (Unknown)
Hasanah, Syarifatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2024

Abstract

Artikel ini memuat pembahasan mengenai perkembangan kurikulum IPS terpadu di Indonesia. Pendidikan IPS awalnya dikembangkan di Inggris pada abad ke-18 dan kemudian diadopsi di Amerika sebelum kemudian mempengaruhi konsep IPS di Indonesia. Artikel ini menelusuri perkembangan kurikulum IPS di Indonesia, mulai dari belum adanya mata pelajaran IPS tertentu hingga kurikulum sekolah dasar dan menengah. Perubahan besar terjadi pada kurikulum 2006 ketika diperkenalkan konsep pembelajaran berbasis kompetensi. Kesimpulan utama artikel ini adalah pendidikan IPS di Indonesia berkembang dengan mempertimbangkan konteks lokal dan global serta beradaptasi dengan kebutuhan pedagogi di setiap jenjang pendidikan. Penulis juga menerima adanya perbedaan isi materi IPS antara pendidikan dasar, menengah dan tinggi, dimana materi pada pendidikan dasar dan menengah atas lebih mudah dibandingkan pada pendidikan tinggi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kultura

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Kultura: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi). Kultura memuat hasil-hasil penelitian di bidang ilmu sosial dan humaniora. Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan dan menyebarluaskan tulisan-tulisan dalam bidang ilmu ...