Wilangan : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika
Vol 4, No 4 (2023): Desember 2023

PENGARUH METODE BELAJAR LISTENING TEAM DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP

Indah Puspita (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Ria Sudiana (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Jaenudin Jaenudin (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran matematika. Kemampuan komunikasi matematis menjadi salah satu faktor penting yang sangat diperlukan oleh peserta didik untuk memahami konsep pembelajaran suatu materi pembelajaran matematika. Maka dari itu diperlukan suatu metode belajar yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Metode belajar Listening Team dipercayai dapat membantu dalam mengembangkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 17 Kota Serang pada tahun ajaran 2022/2023. Tujuannya untuk mengetahui pengaruh metode belajar listening team terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. Metode yang digunakan adalah control group design dengan memberikan instrumen ­pre-test dan post-test. Penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai subjek penelitian yaitu kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen yang menggunakan metode belajar listening team dan kelas VIII-C sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa listening team memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. Kata kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Listening Team,Control Group Design.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

wilangan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal wilangan adalah jurnal pendidikan matematika fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas sultan ageng tirtayasa yang menerbitkan jurnal dalam bidang pendidikan matematika dan ...