Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada Materi sistem persamaan linear dua variabel dengan tahapan polya yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Pengembangan (research and development) dengan model ADDIE. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang dilaksanakan di SMP Negri 1 Ciomas materi pokok bahasan SPLDV semester ganjil. Instrument pengumpulan data berupa lembar validasi ahli, angket, dan tes hasil belajar kemudian dianalisi secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan uji validitas ahli media memberikan penilaian dengan persentase 78%, ahli materi memberikan penilaian dengan persentase 80%, serta ahli Pendidikan memberikan penilaian dengan persentase 81%, dari ketiga hasil persetase tersebut didapatkan kriteria “sangat valid”. Uji kepraktisan dinyatakan “sangat praktis” dengan tingkat kepraktisan 82,23%. Berdasarkan uji keefektifan, LKPD dinyatakan sangan “efektif” dengan tingkat keefektifan 80%. Kesimpulan yang diperoleh bahwa LKPD materi SPLDV dengan tahapan polya dikatakan layak dan baik digunakan karena memenuhi aspek kevalidan, kepraktidan dan keefektifan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024