Permasalahan kemampuan membaca permulaan siswa dapat ditemukan pada kesadaran fonologisnya. Maka penelitian ini menganalisis kesadaran fonologis siswa yang ditinjau dari kemampuannya membaca permulaan. Pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode tes, observasi dan wawancara yang digunakan dalam penelitian ini untuk medapatkan data. Fokus penelitian ini terletak pada aspek ketepatan bunyi dan perubahan bunyi. Terdapat 6 orang siswa sebagai subjek penelitian ini dari tiga kategori kemampuan membaca permulaan yakni kategori tinggi, sedang dan rendah. Hasilnya diperoleh bahwa siswa yang berkategori tinggi ditemukan bahwa kesadaran fonologis dinyatakan sangat baik. Siswa yang berkategori sedang ditemukan bahwa kesadaran fonologis dinyatakan cukup baik, sedangkan siswa yang berkategori rendah ditemukan bahwa kesadaran fonologis dinyatakan sangat lemah. Hasil analisis dijelaskan bahwa terdapat beberapa subjek penelitian yang memiliki kesadaran fonologis, sebab subjek melakukan perubahan bunyi kata yang dibaca dan bunyi huruf pada saat membaca. Kesalahan perubahan bunyi huruf dan kata ini banyak ditemukan pada saat membaca kata yang memiliki huruf diftong dan konsonan rangkap. Kesalahan ini dipengaruhi oleh dialek siswa dan kelemahan dalam pengetahuan penyebutan bunyi bahasa.
Copyrights © 2023