Tujuan penelitian ini untuk mengetahui untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menggunakan media pembelajaran melalui pendampingan di Taman Kanak-Kanak (TK) Boh Hate Ma Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah. Prosedur penelitian meliputi; perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah semua guru di TK Boh Hate Ma yang berjumlah 8 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi awal persentase ketuntasan kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran 12,5%. Pada siklus I terjadi peningkatan 40% sehingga menjadi 62,5%. Pada siklus II, ketuntasan kemampuan guru meningkat 25% sehingga menjadi 87,5%. Oleh karena itu, maka dapat disimpulkan bahwa kompetensi guru dalam menggunakan media pembelajaran dapat meningkat melalui pendampingan di TK Boh Hate Ma Kabupaten Aceh Besar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020