IDARAH : Jurnal Pendidikan dan Kependidikan
Vol. 4 No. 2 (2020): Idarah: Jurnal Pendidikan dan Kependidikan

Manajemen Kelas Unggulan di MTS Negeri 3 Pemalang

Azkiyani, Rahmatun Nida (Unknown)
Wiyani, Novan Ardy (Unknown)
Sahnan, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan praktik kegiatan manajemen kelas unggulan di MTs Negeri 3 Pemalang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Informasi mengenai subjek penelitian didapatkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi terhadap Kepala MTs Negeri 3 Pemalang, Waka Kurikulum, Waka Kepeserta didikan, guru kelas unggulan, dan peserta didik kelas unggulan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini, bahwa kelas unggulan MTs Negeri 3 Pemalang telah terimplementasikan dengan optimal ditandai dengan adanya perumusan tujuan kelas unggulan yang disusun oleh tim yang terdiri dari Kepala Madrasah, Dewan Guru beserta tutor kelas unggulan. Perumusan peraturan kelas unggulan dilakukan dengan matang dengan melibatkan unsur penting dimadrasah yakni kepala madrasah, semua guru, guru BK, dan komite. Pengembangan layanan belajar kelas unggulan ditandai dengan pendekatan pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, perangkat pembelajaran dan solusi mengatasi kendala dalam pelaksanaan pembelajaran. Pengembangan sarana dan prasarana kelas unggulan ditandai dengan adanya perencanaan dan analisis kebutuhan, pengadaan sarana dan prasarana, pemeliharaan sarana dan prasarana dan solusi dalam mengatasi pengelolaan sarpras kelas unggulan. Pengembangan guru kelas unggulan ditandai dengan perekrutan, pembinaan dan pelatihan serta memberikan solusi mengatasi kendala dalam pelaksanaan kompetensi gurukelas unggulan. Pengawasan manajemen kelas unggulan ditandai dengan adanya supervisi perangkat pembelajaran oleh Kepala Madrasah.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

idarah

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

IDARAH, Jurnal Pendidikan dan Kependidikan (Journal of Education), e-ISSN: 2656-8012 and p-ISSN: 2549-8193; is a journal published by Islamic Education Management the Faculty of Education and Teaching Science State Islamic Institute (IAIN) Lhokseumawe, published twice a year on June and December. ...