Jurnal Ilmiah Inovasi
Vol 24 No 2 (2024): Agustus

Penentuan Persepsi Konsumen dan Produsen Seblak “Preanger” dalam Menentukan Kepuasan Konsumen: Determination of Consumer and Producer perceptions of Seblak “Preanger” in Determining Customer Satisfaction

Dyah Kusuma Wardani (Unknown)
Nur Azizah (Politeknik Negeri Jember)
Ratih Puspitorini Y.A (Unknown)
Paramita Andini (Unknown)
Fredy Eka Ardhi Pratama (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2024

Abstract

CV Preanger Karya Nusantara merupakan pelaku usaha makanan yang menawarkan produk seblak dan memiliki citra produk dengan nama Seblak “Preanger”, yang berlokasi di Jalan Sumatra No. 122a, Tegal Boto Lor, Sumbersari, Kabupaten Jember. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas produk Seblak “Preanger” berdasarkan kepuasan konsumen. Metode yang digunakan adalah Quality Function Deployment (QFD). Berdasarkan hasil analisis menggunakan metode QFD, dengan penilaian perspektif konsumen menghasilkan 10 atribut yaitu warna, aroma, rasa, varian toping, kemasan tidak mudah rusak dan bocor, kualitas bahan baku, desain kemasan menarik, harga, lokasi pembelian, dan service/pelayan. Terdapat 4 atribut yang perlu ditingkatkan kualitas seblak yaitu atribut rasa, kemasan produk tidak mudah rusak dan bocor, kualitas bahan baku, dan harga. Persepsi produsen prioritas perbaikan atribut produk Seblak “Preanger” berdasarkan House of Quality adalah menentukan supplier. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan produsen Seblak “Preanger” dapat mempertimbangkan rekomendasi perbaikan berdasarkan perspektif konsumen atribut rasa, kemasan produk tidak mudah rusak dan bocor, kualitas bahan baku, dan harga, serta persepsi produsen adalah menentukan supplier.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jii

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Education Other

Description

The Journal contains the original article of the research related to the problem areas of Agricultural Production, Animal Production, Agribusiness Management, and Agricultural Technology. ...