Berkurangnya jumlah siswa sekolah menengah kejuruan akuntansi mengakibatkan jumlah penerimaan guru akuntansi yang diduga mempengaruhi minat mahasiswa berprofesi sebagai guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi tentang profesi guru dan pengalaman pengenalan lapangan persekolahan (PLP) terhadap minat menjadi guru, baik secara parsial ataupun simultan. Populasi dan sampel di penelitian ini seluruh mahasiswa Pendidikan Akuntansi Stambuk 2020 Universitas Negeri Medan berjumlah 83 mahasiswa. Pengumpulan data dilaksanakan dengan penyebaran kusioner. Metode analisis data digunakan adalah Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, persepsi profesi guru berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi guru. Pengalaman Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi guru. Secara simultan persepsi profesi guru dan Pengalaman Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) berpengaruh terhadap minat menjadi guru. Kemudian hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 45,3% dan sisanya 54,7% dijelaskan oleh variabel lain.
Copyrights © 2024