Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi)
Vol 11, No 2 (2023): November

Penerapan Balance Score Card pada Perguruan Tinggi: Dampaknya terhadap Kinerja Dosen dan Kembalian Pendidikan (Studi Kasus di Universitas Galuh)

Lia Yulisma (Universitas Galuh)
Tedi Setiadi (Sekretariat Daerah Kota Tasikmalaya)
Dodo Murtado (Institut Nahdlatul Ulama Tasikmalaya)
Iim Wasliman (Universitas Islam Nusantara)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada permasalahan yang dihadapi oleh perguruan tinggi dalam menghadapi persaingan global dan perubahan lingkungan yang semakin dinamis. Perguruan tinggi harus mampu mengembangkan strategi yang tepat dan efektif dalam menghadapi tantangan. Salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan Balance Score Card sebagai alat manajemen strategis yang dapat membantu perguruan tinggi dalam mengukur kinerja dan mencapai tujuan organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan dan dampak Balance Score Card (BSC) pada Perguruan Tinggi dalam meningkatkan kinerja Dosen dan kembalian Pendidikan di Universitas Galuh. Desain penelitian dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan penerapan BSC secara efektif meningkatkan kinerja dosen di Universitas Galuh, dan diketahui juga bahwa penerapan Balance Score Card (BSC) pada kembalian pendidikan di Universitas Galuh memiliki dampak yang signifikan terhadap kualitas pendidikan dan kinerja dosen. BSC memberikan kerangka kerja yang komprehensif untuk mengukur, memantau, dan mengelola kinerja pendidikan dengan menggunakan indikator kinerja yang terkait dengan tujuan strategis universitas.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edukasi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

Jurnal Edukasi Memuat hasil penelitian atau kajian teoritis yang berkaitan dengan pengembangan dan peningkatan professi Guru IPS, Kajian Perusahaan (BUMN dan BUMS), Perbankan, Ekonomi, dan Akuntansi. ...