Literasi bahasa merupakan kecakapan dalam mendapatkan dan mengolah informasi guna pengembangan potensi. Literasi bahasa menjadi sesuatu yang penting bagi peserta didik karena dapat mempengaruhi kemampuan lain. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan profil kemampuan literasi bahasa Indonesia siswa kelas XII SMA Muhammadiyah Maumere. Penelitian ini berjenis kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah Maumere. Adapun subjek penelitian ialah siswa kelas XII SMA Muhammadiyah maumere yang berjumlah 31 orang yaitu 17 orang dari kelas XII IPS, dan 14 orang dari kelas XII MIPA. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Berdasarkan penelitian tersebut, profil kemampuan literasi bahasa Indonesia siswa kelas XII SMA Muhammadiyah Maumere masuk dalam kategori tidak baik. Penyebabnya ialah ketidaksiapan peserta didik saat melaksanakan tes literasi Bahasa Indonesia. Selain itu, peserta didik tidak cukup serius dalam mengerjakan soal-soal yang telah diberikan. Sebab soal-soal yang diberikan berupa pilihan ganda dalam bentuk google form, peserta didik sebatas mengklik pilihan jawaban A, B, C, D, atau E, dan memilih jawaban Ya atau Tidak, tanpa membaca wacana dan perintah soal. Siswa juga terlalu tergesa-gesa dalam mengerjakan soal-soal tersebut, sehingga tersisa banyak waktu yang seharusnya bisa digunakan untuk memperhatikan kembali jawaban yang telah dipilih.Kata kunci: profil kemampuan, literasi bahasa, bahasa Indonesia
Copyrights © 2024