Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru
Vol 9 No 3 (2024): Edisi September 2024

Pengaruh Pembelajaran Etnomatematika terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI Sekolah Dasar

Mega Krisdiana (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Banten)
Heni Pujiastuti (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Banten)
Ila Rosmilawati (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Banten)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar Matematika siswa kelas VI UPT SDN Sentul 1 yang masih rendah serta kurangnya penggunaan media pembelajaran yang mengaitkan dengan kebudayaan setempat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran etnomatematika terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas VI sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuasi eksperimen. Adapun desain penelitian ini menggunakan factorial design 2x2. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas VI sekolah dasar pada materi operasi hitung bilangan bulat dapat ditingkatkan melalui pembelajaran etnomatematika dengan menggunakan media lidimatika. Hal ini dibuktikan dari hasil uji t dengan hasil Sig. 0,000 yang berarti bahwa Sig ≤ 0,05. Dengan demikian Ho ditolak, maka µ1 ≠ µ2 yaitu terdapat perbedaan rerata skor yang menggunakan pembelajaran etnomatematika dan pembelajaran konvensional. Peneliti lain hendaknya menerapkan pembelajaran Matematika berbasis etnomatematika dan diperlukan pembelajaran inovatif lainnya seperti mengaitkan pembelajaran dengan permainan tradisional, warisan budaya setempat, dan kearifan lokal lainnya. Sehingga siswa selain dapat meningkatkan hasil belajar dalam mata pelajaran Matematika juga mengetahui pengetahuan baru mengenai kearifan lokal yang ada di sekitar mereka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnalideguru

Publisher

Subject

Education Other

Description

"Ideguru" means the overall thought conducted by teachers, in the form of classroom action research as well as scientific papers. The vision of Ideguru is to be one of the main references for teachers in planning, implementing and evaluating learning inovation in Yogyakarta Special Province (DIY), ...