Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara kecerdasan emosional dan coping stress terhadap kinerja guru di SLB Sekolah Swasta. Variabel yang diuji dalam penelitian ini adalah kecerdasan emosional dan coping stress sebagai variabel independen dan kinerja sebagai variabel dependen. Hipotesis major penelitian ini adalah adanya pengaruh antara kecerdasan emosional dan coping stres terhadap kinerja guru. Populasi penelitian adalah guru Miracle School, dan ukuran sampel penelitian ini mencakup sampel jenuh sebanyak 30 guru. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan alat ukur kinerja mengacu UU No 14 tahun 2015, coping stress mengacu pada teori Lazarus dan Folkman, dan kecerdasan emosional mengacu pada Assesing Emotional Scale (AES). Teknik analisis data menggunakan regresi berganda dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh antara kecerdasan emosi dan coping stress terhadap kinerja guru, implikasi yang diharapkan dari penelitian adalah variabel kecerdasan emosi dan coping stress berperan penting terhadap pencapaian kinerja guru oleh karenanya, kepala sekolah diharapkan memahami, mengetahui dan memberikan solusi terbaik dalam melihat hasil kinerja terbaik gurunya di tinjau dari variabel kecerdasan emosi dan coping stress untuk menentukan solusi dari permasalahan para guru di SLB Swasta dengan pembagian beban kerja dan penghasilan yang wajar. Kata Kunci: Kecerdasan Emosi, Coping Stress, Kinerja Guru AbstractThe purpose of this study was to determine the effect of emotional intelligence and coping stress on teacher performance in SLB Private Schools. The variables in this case emotional intelligence and coping stress as independent variables and performance is a dependent variable. The major hypothesis of this study is the influence of emotional intelligence and coping stress on teacher performance. The study population was Miracle School teachers, and the sample size of study was a saturated sample of 30 teachers. Data collection techniques are carried out using performance measurement tools referring to Law No. 14 year 2015, coping stress the theory of Lazarus and Folkman, and emotional intelligence refers to the Assesing Emotional Scale (AES). The data analysis technique use regression in SPSS program. The results shows there is an influence between emotional intelligence and coping stress on teacher performance, The Implication of study is emotional intelligence and coping stress an important role in achieving teacher performance, therefore, principals are expected to understand, know and provide the best solutions in seeing performance results of their teachers in emotional intelligence and coping stress, variables to determine solutions to the problems of teachers in private school with a reasonable division of workload and income. Keywords: Emotional Intelligence, Coping Stress, Teacher Performance
Copyrights © 2024