Jurnal Pendidikan
Vol. 32 No. 1 (2023): March

Penggunaan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Pada Anak Berkebutuhan Khusus

Muhammad Iqbal Lutfio (Universitas Ahmad Dahlan)
Fajarullah Kapitang (Universita Ahmad Dahlan)
Muhammad Ilham Wijaya (Universitas Ahmad Dahlan)
Yulia Luthfiyani Azizah (Universitas Ahmad Dahlan)
Difa’ul Husna (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2023

Abstract

Studi ini dilakukan untuk mengetahui teknologi apa saja yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana media pembelajaran yang dapat digunakan oleh peserta didik yang memiliki kebutuhan khusus. Teknologi yang digunakan oleh anak berkebutuhan khusus tentunya telah melewati serangkaian modifikasi sehingga dapat dimanfaatkan dan digunakan dengan baik oleh peserta didik yang memiliki  keterbatasan khusus yang sesuai dengan karakteristiknya. Contoh teknologi yang dapat digunakan oleh peserta didik berkebutuhan khusus dalam kegiatan pembelajaran adalah Screen Reader, I-Chat dan JAWS. Selain melakukan penyesuain penggunaan teknologi pada peserta didik, guru juga harus bisa memanfaatkan serta menggunakan teknologi yang digunakan oleh peserta didik dengan kebutuhan khusus. Metode penelitian kepustakaan digunakan dalam penulisan jurnal ini. Metode literatur memiliki rangkaian penelitian yang dimulai dari pengumpulan bahan penelitian hingga pengolahan penelitian. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil penelitian, kajian mendalam, dan gagasan atau karya inovatif di bidang pendidikan. Karya inovatif para guru dan dosen pembangunan sektor pendidikan yang mampu memberikan kontribusi positif bagi sekolah dan institusi ...