Jurnal Pendidikan
Vol. 32 No. 3 (2023): November

Meningkatkan Peduli Lingkungan Melalui Projek Profil Pelajar Pancasila Menanam Pohon Di SDN Ciawet

Holil Holil (Unknown)
Dyah Lyesmaya (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)
Din Azwar Uswatun (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah masih banyak siswa di SDN Ciawet yang kurang memiliki kesadaran dan peduli lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan sikap peduli lingkungan pada siswa di SDN Ciawet melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Penelitian dilaksanakan di SDN Ciawet dan sebanyak 20 siswa SDN Ciawet menjadi subjek dalam penelitian ini. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas desain Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi kemudian dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan sikap peduli lingkungan pada siswa SDN Ciawet melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila menanam pohon yang ditunjukkan dengan siswa lingkungan ditunjukkan dengan: (1) selalu menjaga kelestarian lingkungan sekitar, (2) tidak mengambil, menebang atau mencabut tumbuh-tumbuhan, jalan atau dinding, (3) tidak mencoretcoret, menorehkan tulisan pada pohon, batu-batuan, jalan atau dinding, (4) selalu membuang sampat pada tempatnya, (5) tidak membakar sampah di sekitar lingkungan, (6) melaksanakan kegiatan membersihkan lingkungan, (7) menimbun barang-barang bekas, dan (8) mebersihkan sampah-sampah yang berserakan. Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa pada pra siklus, sikap peduli lingkungan siswa masuk dalam kriteria kurang dengan nilai rata-rata 45,31 dan ketuntasan klaiskal 0%. Pada siklus I terjadi peningkatan sehingga pada siklus II, sikap peduli lingkungan masuk dalam kriteria cukup dengan nilai rata-rata 60,78 dan ketuntasan klasikal 15%. Pada siklus II juga terjadi peningkatan yang signifikan dimana nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 81,25 dan ketuntasan klasikal 90%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil penelitian, kajian mendalam, dan gagasan atau karya inovatif di bidang pendidikan. Karya inovatif para guru dan dosen pembangunan sektor pendidikan yang mampu memberikan kontribusi positif bagi sekolah dan institusi ...