Jurnal Pendidikan
Vol 33 No 1 (2024): March

Pengaruh Literasi Digital dan Soft Skill Terhadap Minat Berwirausaha Pada Siswa SMK Kota Bekasi

Cleopatra, Maria (Unknown)
Sahrazad, Sara (Unknown)
Mila Vernia, Dellia (Unknown)
Widiyarto, Sigit (Unknown)
Suyana, Nana (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2024

Abstract

Literasi digital merupakan kemampuan yang penting dalam pembelajaran di sekolah. Pembelajaran yang dibarengi oleh literasi digital akan menjadi modal penting bagi siswa SMK. Soft Skill juga factor penting dalam pembelajaran, khususnya pembelajaran kewirausahaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh literasi digital dan Soft Skill terhadap minat berwirausaha. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif. Data diambil dengan wawancara, dokumentasi dan pengisian kuesioner. Responden sebanyak 51 siswa kelas X SMK di kota Bekasi. Data diolah dengan menggunakan SPSS 21. Uji asumsi dengan melakukan uji normalitas,kollinearitas, Heteroskedastisitas, Anova dan table Rsquare dengan uji regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital berpengaruh terhadap minat berwirausaha dan Soft Skill berpengaruh pada minat berwirausaha. Pihak sekolah sebaiknya dapat memberikan pengetahuan digital kepada siswa secara optimal, sehingga siswa dapat beradaptasi dengan pekerjaan yang menggunakan teknologi.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil penelitian, kajian mendalam, dan gagasan atau karya inovatif di bidang pendidikan. Karya inovatif para guru dan dosen pembangunan sektor pendidikan yang mampu memberikan kontribusi positif bagi sekolah dan institusi ...