Jurnal Pendidikan
Vol 33 No 2 (2024): July

Pengaruh Penerapan Tata Tertib Sekolah Terhadap Kedisiplinan Siswa Di SMP Negeri 13 Pontianak

Novia Elisabet (Unknown)
Syamsuri (Unknown)
Thomy Sastra Atmaja (Unknown)
Mashudi (Unknown)
Shilmy Purnama (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2024

Abstract

Siswa disiplin serta bertanggung jawab bisa dibentuk dengan penerapan tata tertib sekolah. Sehingga adanya penerapan tata tertib sekolah bisa menekan permasalahan pelanggaran moral yang terjadi. Tujuan penelitian ini guna melihat: (1) gambaran penerapan tata tertib sekolah pada siswa SMPN 13 Pontianak, (2) gambaran kedisiplinan siswa di SMPN 13 Pontianak, (3) apakah penerapan tata tertib sekolah berpengaruh signifikan terhadap kedisiplinan siswa di SMPN 13 Pontianak. Penelitian ini ialah penelitian kuantitatif yang menggunakan penelitian metode kuantitatif kausal. Populasi penelitian ini ialah semua siswa/siswi SMPN 13 Pontianak yang berjumlah 1.038 siswa yang mencakup 3 kelas: kelas 7, 8, dan 9. Sampel penelitian berjumlah 92 siswa dan mengenakan teknik probability sampling (proportional random sampling). Penelitian ini ialah mennggunakan teknik analisis statistik deskriptif, uji prasyarat analisis dan analisis statistik inferensial. Hasil dari penelitian memperoleh: (1) Penerapan tata tertib sekolah pada siswa SMPN 13 Pontianak diperoleh persentase 82,91% termasuk kategori tinggi. (2) Kedisiplinan siswa di SMPN 13 Pontianak diperoleh persentase 82,68% termasuk kategori tinggi. (3) Penerapan tata tertib sekolah berpengaruh signifikan terhadap kedisiplinan siswa di SMPN 13 Pontianak dengan besaran pengaruh sebesar 70,7% serta sisanya 29,3% di pengaruhi oleh variabel ataupun faktor lainnya di luar penelitian ini yang tidak menjadi fokus penelitian peneliti.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil penelitian, kajian mendalam, dan gagasan atau karya inovatif di bidang pendidikan. Karya inovatif para guru dan dosen pembangunan sektor pendidikan yang mampu memberikan kontribusi positif bagi sekolah dan institusi ...