Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA
Vol 7 No 3 (2024): Juli - September

Pelatihan Pengembangan Materi dan Metodologi Pembelajaran pada Guru SMP Negeri 22 Kota Jambi

Saharudin (Unknown)
Harsyah, Ahmad Syauqi (Unknown)
Putri, Regita Riani (Unknown)
Rozali, Muhamad (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2024

Abstract

Keterampilan mendesain, memilih, menggunakan metode mengajar serta mengembangkan bahan ajar yang tepat merupakan suatu bentuk keterampilan yang sangat dibutuhkan oleh setiap guru. Materi pembelajaran yang baik dipadu dengan metode mengajar yang tepat merupakan suatu keahlian dan kecakapan yang harus dimiliki oleh setiap guru Sekolah Menengah Pertama. Tujuan pelaksanaan pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk memberikan pelatihan tentang bagaimana memilih dan menentukan metode  mengajar, mengadaptasi, dan membuat materi ajar dengan menggunakan sumber belajar yang tersedia di lingkungan dengan berpedoman pada kurikulum yang digunakan disekolah. Selain itu, pelatihan ini juga diharapkan mampu meningkatkan kemampuan guru SMP untuk dapat secara terampil dalam memilih, mengadaptasi, dan membuat materi ajar dan metode yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Kegiatan pelatihan ini diharapakan mampu memberikan manfaat kepada guru berupa kemampuan mendisain dan mengembangkan materi ajar serta menggunakan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa di SMP dengan berdasar pada Kurikulum yang digunakan disekolah masing masing.Kegiatan Pelatihan metode pembelajaran ini sangat erat kaitannya dengan kegitan keseharian guru sebagai pengajar dan fasilitator pada kegiatan proses pembelajaran di SMP. Selain keterkaitan tugas, kegiatan ini juga sangat erat hubungannya dengan analisis Kurikulum Pendidikan Sekolah Menengah Pertama, kegiatan MGMP, dan kegiatan pengayaan kemampuan dan keterampilan guru lainnya. Pelatihan ini telah dilaksanakan dengan baik dengan hasil yang sangat memuaskan. Tanggapan yang sangat positif dari komisi dewan guru dengan harapan kegiatan serupa dapat terus dilaksanakan di SMP Negeri 22 dengan materi yang juga dapat memberikan pelatihan bagaimana menindak lanjuti hasil pelatihan dengan berupa pelaksanaan tindakan kelas.  Pada pelatihan ini, telah dilatih 27 orang guru dengan latar belakang bidang studi yang berbeda, seperti Pendidikan IPS, Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Biologi, Bimbingan Konseling, dan Sejarah

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpmpi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA (JPMPI) |e-ISSN: 2655-5263| merupakan Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat dan penerapan Ipteks yang memuat publikasi hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat, model atau konsep dan atau implementasinya dalam rangka peningkatan partisipasi masyarakat dalam ...