Neutrino
Vol 6 No 1 (2023)

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN METAKOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PADA SISWA KELAS X SMAN 4 TORAJA UTARA

Auxilia (SMA Negeri 4 Toraja Utara)
Perdy Karuru (Universitas Kristen Indonesia Toraja)
Bergita Gela M Saka (Universitas Kristen Indonesia Toraja)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan siswa dan keefektifan model pembelajaran metakognitif dalam pembelajaran Fisika Kelas X. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X sedangkan sampel yaitu kelas X D yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: 1) lembar observasi aktivitas siswa dan 2) tes hasil belajar siswa. Data hasil penelitian dianalisis dengan statistikdeskriptif. Yaitu skor rata-rata dari penjumlahan hasil belajar dengan nilai N-Gain. Hasil penelitian yaitu: 1) Model pembelajaran Metakognitif dapat melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran Fisika sehingga pembelajaran berpusat pada siswa; 2)Implementasi model pembelajaran metakogniti f efektif terhadap peningkatan hasil belajarfisika siswa SMAN 4 Toraja Utara.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

neo

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Physics

Description

urnal Pendidikan Fisika "Neutrino" adalah jurnal ilmiah yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Indonesia Toraja. Jurnal ini dimaksudkan untuk memuat artikel hasil penelitian dosen, guru, maupun masyarakat luas yang memiliki ...