Pendidikan dalam pencapaian tujuannya dapat diamati melalui performa akademik yang dimiliki oleh peserta didik. Performa akademik yang dimiliki oleh mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar cenderung lebih rendah jika dibandingkan dengan Fakultas lain yang di Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sugesti terhadap performa akademik mahasiswa di Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuasi eksperimen. Desain kuasi eksperimen yang digunakan pada penelitian ini adalah Posttest-only design with nonequivalent groups. Responden penelitian berjumlah 17 orang yang dibagi ke dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Responden pada penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar Angkatan 2021 yang mengambil mata kuliah pengantar psikometrika, memiliki IPK di bawah 3,00, dan berjenis kelamin perempuan. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji non-parametrik Mann-Whitney. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar p=0,224 > 0,05, sehingga hipotesis yang pada penelitian ini tidak diterima sehingga dapat dikatakan bahwa pemberian sugesti positif tidak efektif dalam meningkatkan performa akademik mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar.
Copyrights © 2023