IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 2 No. 3 (2024): 2024

Sanad Hadist dan Pendidikan Islam; Menggali Aspek Kritikal Penolakan

Munawir (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan sanad hadist dan pendidikan islam’ menggali aspek kritikal penolakan. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kepustakaan, dengan teknik pengumpulan data dokumentasi pada buku, dan artikel ilmiah pada jurnal, teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat diutarakan bahwa hadis mardud merupakan hadis yang tidak memenuhi kualifikasi atau salah satu syarat dari hadis maqbul, yaitu hadis sahih dan hadis hasan. Sedangkan dalam ketentuannya, ada lima syarat sebuah hadis untuk dikategorikan hadis maqbul. Apabila salah satu syarat tersebut tidak terpenuhi otomatis hadis tersebut masuk kategori hadis mardud. Maka berdasarkan jumlah lima syarat dari hadis maqbul hadis mardud secara garis besarnya ada lima macam, yaitu: 1) hadis mardúd karena sanadnya tidak bersambung (perawinya gugur dari mata rantai sanad, 2) hadis mardúd karena perawinya tidak adil, 3) hadis mardúd karena perawinya tidak dhábidl atau tidak memiliki daya hafal yang sedang, 4) hadis mardúd karena syadz, 5) hadis mardúd karena sebuah ‘illah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ihsan

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Fokus dan Ruang Lingkup Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam menerima naskah asli yang tidak diterbitkan dalam bahasa Indonesia atau Inggris, berdasarkan penelitian dari metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, campuran, atau metodologi apa pun yang terkait dengan ...