Edusiana: Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol. 1 No. 2 (2023): September 2023

Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Cerdas Ceria

Asmaiyah, Asmaiyah (Unknown)
Hayati, Sholatul (Unknown)
Nurhayati, Is (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2023

Abstract

Pola asuh orang tua pada anak usia dini akan mempengaruhi periode berikutnya yaitu pencapaian perkembangan sosial emosional anak usia 5 - 6 tahun. Pola asuh merupakan suatu cara yang dipilih orang tua dalam mendidik anak sebagai perwujudan untuk melakukan tanggung jawab kepada anak, dapat dipahami bahwa pola asuh merupakan cara yang digunakan orangtua untuk mendidik dan berkomunikasi dengan anak yang mencakup pemberian tuntutan dan tanggapan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pola asuh orang tua anak usia 5-6 tahun di PAUD Cerdas Ceria, menjelaskan perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di PAUD Cerdas Ceria, dan menjelaskan pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di PAUD Cerdas Ceria. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di PAUD Cerdas Ceria, hal ini dapat menyebabkan perkembangan sosial emosional anak yang berbeda beda hal ini dilihat dari adanya pengaruh yang signifikan Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 tahun di PAUD Cerdas Ceria dengan hasil F hitung ( 5,428) > F tabel (4,60)

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edusiana

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Edusiana: Jurnal Ilmu Pendidikan menerbitkan artikel ilmiah yang meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pendidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi ...