Edusiana: Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol. 2 No. 1 (2024): April 2024

Pengaruh Model Self Directed Learning Terhadap Kemampuan Mengenal Ukuran Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Tunas Bhakti PGRI Sidomulyo

Fitri, Aprilia Wahyuning (Unknown)
DikeAmelia, DikeAmelia (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1.) Mengetahui perbedaan model self directed learning terhadap kemampuan mengenal ukuran pada anak usia 4-5 tahun di TK Tunas Bhakti PGRI Sidomulyo, 2.) mengetahui tingkat efektivitas model self directed learning terhadap kemampuan mengenal ukuran pada anak usia 4-5 tahun di TK Tunas Bhakti PGRI Sidomulyo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain one grup pre-test post-test. Metode yang digunakan adalah pre-test, treatment, dan post-test. Subyek dalam penelitian ini adalah anak TK Tunas Bhakti PGRI Sidommulyo dengan usia 4-5 tahun yang berjumlah 30 anak yaitu 17 laki-laki dan 13 perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes lisan dan observasi. Tes lisan digunakan untuk mengukur penguasaan kemampuan mengenal ukuran pada anak di TK Tunas Bhakti PGRI Sidomulyo. Teknik analisis data tentang kemampuan mengenal ukuran menggunakan analisis Sample T test. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan mengenal ukuran pada anak usia 4-5 tahun meningkat setelah diberika perlakukan. Pengenalan ukuran secara menyeluruh dengan menggunakan model self directed learning memberikan pengaruh terhadap kemampuan mengenal ukuran pada anak usia 4-5 tahun di TK Tunas Bhakti PGRI Sidomulyo. Kemampuan mengenal ukuran pada pre-test menunjukan bahwa kemampuan mengenal ukuran cenderung rendah. Selanjutnya anak atau responden diberikan treatment selama sekali, kemudian anak diberikan tes lisan yang sama. Hasil skor post-test menunjukan pengaruh terhadap kemampuan mengenal ukuran pada anak yakni 20,43%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edusiana

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Edusiana: Jurnal Ilmu Pendidikan menerbitkan artikel ilmiah yang meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pendidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi ...