SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law
Vol 1, No 2 (2024): Oktober 2024

Analisis Nilai Profil Pelajar Pancasila Pada Cerita Bergambar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SD Muhammadiyah Bayan

Didi Nur Arif (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Arum Ratnaningsih (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Rintis Rizkia Pangestika (Universitas Muhammadiyah Purworejo)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis nilai profil pelajar pancasila pada cerita bergambar mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas II SD Muhammadiyah Bayan Purworejo.J enis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif analisis dokumen. Tempat penelitian di SD Muhammadiyah Bayan. Jumlah siswa ada 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan observasi, wawancara, dokumen. Instrumen penelitian ini yang digunakan adalah kartu data. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian yang diketahui bahwa nilai profil pelajar Pancasila pada cerita bergambar ditemukan ada 15 nilai profil pelajar pancaisla. Cerita bergambar yang paling banyak ditemukan nilai profil pelajar Pancasila adalah “Labih dan Arai memiliki 1 nilai profil pelajar Pancasila. Cerita bergambar yang berjudul “Mimi Marah”, “Noken Kebanggan”, “Ketika Hujan Turun”, dan “Joko Kerdil dan Si Gundul” memiliki 2 nilai profil pelajar Pancasila. Cerita bergambar yang berjudul “Kacamata Kadek”, “Rahasia Kaki Itik” memiliki 3 nilai profil pelajar Pancasila. Nilai profil pelajar Pancasila yang muncul adalah nilai akhlak pribadi, akhlak kepada manusia, pemahaman diri dan situasi yang dihadapi, memperoleh dan memproses informasi dan gagasan, memiliki keluwesan berpikir mencari alternatif sokusi permasalahan, menghasilkan karya dan tindakan yang orisinial, merefleksi dan mengevaluasi pemikirannya sendiri, menghasilkan gagasan yang orisinal, dan berbagi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sakola

Publisher

Subject

Astronomy Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics

Description

SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law dengan nomor ISSN terdaftar 3046-787X (Cetak - Print) dan 3046-7179 (Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law bertujuan untuk ...