Tingkat literasi komputer mahasiswa dalam konteks pendidikan masih belum optimal dan berpotensi memengaruhi kemampuan berpikir kritis mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi komputer terhadap kemampuan berpikir mahasiswa Universitas Negeri Makassar. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain survei cross-sectional, pengumpulan data melalui kuesioner, dan analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif (mean, median, modus, minimum, maksimum, dan sum). Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi komputer berdampak positif terhadap pemahaman materi, efisiensi dalam menyelesaikan tugas akademik, dan peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Media sosial dan internet juga mendukung pengembangan literasi digital secara signifikan. Selain itu, mahasiswa menunjukkan kesadaran etika yang baik dalam penggunaan teknologi. Literasi komputer terbukti menjadi faktor penting yang mendukung keberhasilan akademik dan kualitas berpikir mahasiswa di era digital.
Copyrights © 2023