Jurnal Kemitraan Responsif untuk Aksi Inovatif dan Pengabdian Masyarakat
Volume 1 Issue No. 2: January 2024

Digitalisasi Melukis Menggunakan Aplikasi Sketchbook Pada Siswa IX SMPN 25 Cenrana

Muhammad Syafruddin Akmal (Universitas Negeri Makassar)
Nurul Fadhillah S (Universitas Negeri Makassar)
Dewi Fatmarani Surianto (Universitas Negeri Makassar)
Diny Anggriani Adnas (Universitas Internasional Batam)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

Seni lukis telah menjadi bagian integral dalam kurikulum. Pada banyak sekolah, termasuk SMPN 25 Cenrana di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, metode pengajaran seni lukis ini masih mengadopsi pendekatan konvensional. Observasi yang dilakukan oleh guru mata pelajaran seni budaya SMPN 25 Cenrana memberikan gambaran bagaimana metode pengajaran tersebut cenderung monoton dan belum sepenuhnya memanfaatkan potensi literasi digital guna mendukung pembelajaran. Pelatihan ini hadir untuk memperkenalkan aplikasi Sketchbook yang bisa diakses oleh siswa kelas IX untuk mulai melukis secara digital menggunakan media. Rangkaian kegiatan dilaksanakan dalam bentuk luring dan daring pada 1 Agustus 2023 hingga 5 September. Tahapannya mulai dari pembukaan dan pre-test kepada siswa, penyajian materi, praktik menggunakan Sketchbook, konsultasi karya, hingga pelaksanaan post-test. Penggabungan pertemuan luring dan daring dalam kegiatan ini dilakukan guna memaksimalkan kesempatan belajar siswa. Alhasil, terlihat peningkatan persentase pengetahuan sebanyak 35% dari pre-test ke post-test yang diberikan kepada siswa. Kegiatan ini menyediakan ruang ekspresi kreatif kepada siswa dalam meningkatkan literasi digital mereka sekaligus beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Sebagaimana diketahui, literasi digital tidak hanya berhenti pada penggunaan teknologi, tetapi juga bagaimana teknologi bisa dimanfaatkan oleh manusia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

KREATIVA

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Social Sciences

Description

This journal publishes research articles on various innovation education that are interesting and have an impact on the development of education. The journal publishes articles on interdisciplinary content and cross-field dimensions related to education from various cultural perspectives. The ...