Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran Pengukuran, hal ini diduga karena proses pembelajaran yang kurang optimal dan kurangnya peran aktif siswa dalam mengikuti pelajaran dengan model pembelajaran yang terfokus pada guru (Teacher Centered Learning). Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Penelitian ini memakai metode penelitian classroom action research. Subjek penelitian yaitu siswa kelas X TP (A) SMK Negeri 1 Padang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini dilaksanakan memakai 3 siklus, setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes pilihan jamak. Teknik analisis data menggunakan rumus ketuntasan individu dan ketuntasan klasikal. Hasil penelitian pada manifestasi pra siklus memperoleh rata-rata 60,41 meningkat di siklus 1 dengan rata-rata sebesar 69,83 dan terjadi peningkatan pada siklus 2 menjadi 78 serta pada siklus 3 menjadi 79,25. Persentase ketuntasan klasikal pra siklus sebesar 30%, pada siklus 1 sebesar 53,33% meningkat pada siklus 2 menjadi 73,33%, pada siklus 3 menjadi 80%. Kesimpulan dari penelitian ini dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation pada mata pelajaran Pengukuran dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dilihat dari hasil belajar siswa yang sudah memenuhi kriteria keberhasilan tindakan penelitian pada siklus ketiga dengan nilai ketuntasan klasikal 80%.
Copyrights © 2023