Penelitian ini menjelaskan tentang upaya penggunaan media software autodesk inventor pada mata pelajaran gambar teknik guna meningkatkan kreativitas siswa dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara ketika sedang PLK di SMK Negeri 1 Guguk, pembelajaran cenderung kaku, masih menggunakan media pembelajaran papan tulis dan modul saja, dan siswa juga kurang memperhatikan. Jenis penelitian yang diterapkan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian yaitu siswa kelas X Teknik Pengelasan & Fabrikasi Logam (TPFL) di SMK Negeri 1 Guguk dengan jumlah siswa 29 orang pada bulan Februari-April 2024. Siklus dalam penelitian ini dilakukan dalam tiga tahapan siklus yang berbeda. Setiap siklusnya terbagi menjadi dua kali pertemuan. Lembar tes digunakan untuk mengevaluasi pencapaian tujuan pembelajaran siswa, sedangkan lembar observasi digunakan untuk melacak bagaimana kreativitas siswa berkembang selama proses pembelajaran. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa proporsi kreativitas siswa siklus 1 sebesar 56,91%, siklus 2 sebesar 65,99%, dan siklus 3 sebesar 71,10%. Tujuan pembelajaran dipenuhi dengan lebih banyak keberhasilan. Hal ini ditunjukkan pada tahap-tahap berikut: siklus 1 memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 34,48% dengan siswa tuntas 10 siswa; siklus 2 memperoleh ketuntasan klasikal 62,07% dengan 18 siswa tuntas; dan siklus 3 memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 89,66% dengan 26 siswa tuntas dari total 29 siswa. Kesimpulan dari upaya penggunaan software autodesk inventor pada mata pelajaran gambar teknik kelas X TPFL SMK Negeri 1 Guguk dapat meningkatkan kreativitas siswa dan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2024