Action Research Journal Indonesia (ARJI)
Vol. 5 No. 3 (2023): Action Research Journal Indonesia (ARJI)

Pengembangan LKPD IPA Berbasis Predict Observe Explain di Sekolah Dasar

Hardianti Mawardhika (Universitas Negeri Jakarta)
Yurniwati Yurniwati (Universitas Negeri Jakarta)
Endang Wahyudiana (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
08 Nov 2023

Abstract

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan bahan ajar yang dapat digunakan dalam kegiatan praktikum. Dengan menggunakan LKPD, peserta didik memperoleh petunjuk untuk melakukan kegaiatan tersebut dan mengonstruk pengetahuan. Sayangnya, peserta didik masih kesulitan saat menggunakan LKPD yang tersedia di sekolah, terutama pada konten petunjuk praktikum. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD yang sudah ada dengan cara mengintegrasikan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) ke dalamnya. Metode yang digunakan adalah research and development dengan mengikuti model pendekatan sistem Dick dan Carey. Berdasarkan hasil analisis pre-test dan post-test, peneliti mendapati perbedaan hasil belajar yang cukup signifikan antara tahapan pre-test dan post-test dengan hasil akhir yang memuaskan. Maka dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis POA mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA di sekolah dasar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ARJI

Publisher

Subject

Education

Description

ARJI is a journal that publishes the results of scientific research in the field of education using classroom action research methods. The ARJI journal is published every 3 months, namely in March, June, September and December. The ARJI journal has been published since March 2019. The ARJI journal ...