Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)
Vol. 4 No. 3 (2023): Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)

Analisis Tingkat Kesiapan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar

Iftitah Sabilah (Universitas Teknologi Sumbawa, Indonesia)
Umar Umar (Universitas Teknologi Sumbawa, Indonesia)
Yossy Dwi Erliana (Universitas Teknologi Sumbawa, Indonesia)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan guru, faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar di SD Al-Ikhlas Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan kualitatif (mixed method). Hasil penelitian telah menunjukkan bahwa kesiapan guru dalam mengimplementasikan kurikulum Merdeka Belajar pada kategori ”Siap, Cukup Siap”. Pemahaman struktur kurikulum merdeka belajar dengan kategori “cukup” dan “siap”. Kesiapan rencana pembelajaran guru dengan kategori “cukup” dan “siap”. Kesiapan proses pembelajaran pada kategori “kurang”, “cukup” dan “siap”. Kesiapan modul bahan ajar guru kategori “kurang”, “cukup”, dan “siap”. Kesiapan sarana dan prasarana dengan kategori “kurang”, “cukup”, dan “siap”. Sedangkan Kesiapan penilaian pembelajaran dengan kategori “kurang”, “cukup”, dan “siap”. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa guru SD Al-Ikhlas Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat telah menunjukkan kesiapan dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ainj

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), covers research and study in the field of education and culture, such as, education management, education best practice, curriculum, education assessment, education policy, education technology, language, archeology, educatioan etc . ...