Sebagai upaya memenuhi tantangan Abad 21 perlu adanya transformasi pada dunia Pendidikan. Pendidikan yang diharapkan mampu membentuk karakteristik bangsa yang intelek, maju diberbagai bidang, serta perilaku, etika , moral yang positif. Arikel ini bertujuan untuk memahami proyek penguatan profil pelajar Pancasila sebagai penguatan Pendidikan karakter pada peserta didik dari perspektif Al-qur’an dan Hadist. Penulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengumpukan data dan sumber data yang relevan untuk penelitian ini. Dalam perspektif Al-qur’an bahwa penerapan profil pelajar Pancasila tercermin dalam 6 dimensi yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME dalam QS.Ali-imran:102, berkebhinekaan global sesuai dengan QS.Al-hujarat:13 dan Ar-rum:22, gotong royong sebagaiaman dalam QS.al-maidah:2 dan al-imran:104, Mandiri dalam QS.ar-rad:11, bernalar kritis dalam QS.ali-imran:190-191 dan kreatif dalam QS.al-baqarah:44. Semua hal yang berkaitan dengan karakter atau sikap dalam kehidupan manusia, sudah termuat dalam Al-Qur’an tinggal bagaimana kita memahami dan menjalankan dalam kehidupan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023