Pengaruh globalisasi secara tidak langsung bisa menjadi sindrom menakutkan bagi karakter anak didik yang menurun drastis. Berbicara masalah pembentukan karakter (character building) ini sudah sangat jelas ditegaskan oleh Rasulullah SAW sebagai misi kerasulannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pendidikan karakter profetik melalui sistem pendidikan berbasis pesantren di MAMBS Metro dan mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung dalam penerapan Pendidikan Karakter Profetik melalui sistem pendidikan berbasis pesantren di Madrasah Aliyah Muhammdiyah Boarding School Metro. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tekhnik analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data,dan verifikasi data. Instumen penelitian wawancara dengan kepala sekolah, wakakesiswaan, wakakurikulum, guru akidah akhlak dan siswa-siswi kelas XI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan karakter profetik di Madrasah Aliyah Muhammdiyah Boarding School Metro menggunakan model pembiasaan, keteladanan, pembinaan disiplin, pemberian hadiah dan hukuman, serta contextual teaching and learning. Dengan menerapkan model tersebut menghasilkan penerapan sifat sidiq (seperti karakter religius, jujur, dam mandiri), sifat amanah (seperti karakter disiplin dan tanggung jawab), sifat fathanah (seperti karakter kreatif), dan sifat tabligh (seperti karakter bersahabat dan komunikatif). Pendidikan karakter profetik yang diterapkan juga menggunakan aspek moral knowing, moral feeling, dan moral action.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023