Pendidikan Islam telah eksis di negeri ini bahkan sebelum Indonesia lahir. Dalam perjalananya pendidikan islam terus mengalami dinamika dari masa ke masa. Perubahan pola dan bentuk secara kelembagaan ini tentunya sangat unik dan menarik bahwa pendidikan Islam tak pernah berhenti berproses untuk membangun dan mencerdaskan anak bangsa lintas generasi. Dimulai dari surau, masjid, kemudian menjadi pesantren, Madrasah, sekolah Islam dan akhirnya muncul banyak model kelembagaan yang sangat variatif. Bahkan ini banyak figur-figur nasional yang merupakan anak-anak dari lembaga pendidikan Islam. Tujuan artkel ini yiaitu untuk menegtahui tentang bagaimana dinamika organisasi lembaga pendidikan Islam di indonesia, yang mana banyak sekali lembaga pendidikan islam di indonesia mulai dari yang formal dan non formal. Artikel ini menggunakan metode Penelitian ini menggunakan metode library reiseiarch ataui stuidi puistaka, peineilitian puistaka ceindeiruing meimbicarakan gagasan, idei atauipuin konseip dari peimikiran seiseiorang dengan merujuk pada buku-buku dan artikel jurnal yang sudah di terbitkan, hasil dari penelitian ini yaitu Pesantren yang mempunyai komitmen dan sangat signifikan untuk mengurus tentang suatu isu atau hal-hal berkenaan dengan Pendidikan Islam yang ada di Indonesia. Kemudian unsur-unsur yang ada pada hal berkaitan tentang kemajuan yang berlandaskan perhimpunan Islam dan dengan bukti yang sudah dijabarkan, walau pada mulanya Pendidikan formal belum bisa dikatakan legal, Unsur kemajuan pengalaman hidup islami di sekolah mendapatkan sambutan yang tadinya belum terjadi secara lokal.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023