Kepala SMK Muhammadiyah 1 Labuhan Maringgai memiliki peran krusial dalam mengarahkan unitsekolahnya, termasuk membantu guru dalam merumuskan tujuan pendidikan dan menggerakkan staf.Namun, dalam praktiknya, kepemimpinan kepala sekolah seringkali gagal memenuhi ekspektasi tersebut.Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi fenomena ini di SMK Muhammadiyah 1 LabuhanMaringgai, Lampung Timur. Meskipun kepemimpinan kepala sekolah dianggap tepat, kinerja guru belummencapai standar yang diharapkan. Oleh karena itu, terdapat permasalahan yang perlu dipecahkan antarakepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk memahami sejauh manaimplementasi kepemimpinan kepala sekolah memengaruhi kinerja guru di SMK Muhammadiyah 1Labuhan Maringgai. Metode penelitian kualitatif digunakan dengan pengumpulan data melalui observasi,wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif melalui reduksi data,penyajian, dan pengambilan kesimpulan. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi bagipeningkatan pengetahuan kepala sekolah, guru, dan staf di SMK Muhammadiyah 1 Labuhan Maringgai,serta menjadi sumber informasi untuk pengembangan pendidikan dan penyelesaian program studi diSekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Metro, Lampung. Berdasarkan hasil penelitian,implementasi kepemimpinan kepala sekolah di SMK Muhammadiyah 1 Labuhan Maringgai cenderungmengadopsi pendekatan demokratis dalam pembinaan profesionalitas dan kinerja guru PAI. Meskipundemikian, masih ditemukan kekurangan dalam penerapan konsep keilmuan dalam praktik sehari-hari.
Copyrights © 2024