PROFETIK: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Agama Islam
Vol. 4 No. 2 (2024): JANUARI-JUNI

STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN DI SMP IT CITRA INSANI RAWAJITU SELATAN

Adi Pratama, Haris (Unknown)
Kuliyatun (Unknown)
Adi Widayat, Prabowo (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 May 2024

Abstract

Belajar mengajar adalah suatu kegiatan yang bersifat edukatif. Nilai edukatif mewarnai interaksi yang terjadi antar guru dan anak didik. Interaksi yang bersifat edukatif dikarenakan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan, diarahkan untuk mencapai tujuan tertentu yang telah dirumuskan sebelum pengajaraan dilakukan. Guru dengan sadar merencanakan kegiatan pengajaran secara sistematis dengan mencari solusi terhadap problematika guru PAI dalam mengatasi siswa-siswi yang kesulitan membaca Al-Qur’an di SMP IT Citra Insani Rawa Jitu Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil data di di SMP IT Citra Insani Rawa Jitu Selatan. Pengumpulan data menggunakan beberapa metode yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi guru PAI dalam melaksanakan pembelajaran untuk mengatasi siswa-siswi yang kesulitan membaca Al-Qur‟an di di SMP IT Citra Insani Rawa Jitu Selatan. diantaranya: 1) mengefektifkan waktu 1 jam pelajaran PAI untuk mengaji, 2) menyaring siswa-siswi yang kesulitan membaca Al-Qur‟an, 3) membuat forum khusus mengaji. Kemudian problematika guru PAI dalam mengatasi siswa-siswi yang kesulitan membaca Al-Qur‟an di di SMP IT Citra Insani Rawa Jitu Selatan. diantaranya: 1) masalah pergaulan dengan temannya, 2) latar belakang siswa-siswi yang berbeda, 3) pengaruh teknologi, 4) kurangnya tenaga pengajar Al-Qur'an.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

profetik

Publisher

Subject

Religion Education

Description

PROFETIK: merupakan Jurnal Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Metro, sebagai wahana komunikasi akademik dalam bidang Pendidikan Agama Islam yang mencakup Pemikiran Pendidikan Agama Islam, Strategi Pembelajaran Pendidikan Islam, Pengembangan ...