Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran guru dalam mempersiapkan siswi menghadapi menarche di MI Muslimat NU Palangka Raya serta dampaknya terhadap kesejahteraan psikologis siswi. Pendekatan yang digunakan kualitatif fenomenologi dengan mengumpulkan data melalui wawancara pada guru dan analisis tematik dilakukan untuk mengidentifikasi temuan kunci. Temuan menunjukkan bahwa peran guru sebagai pendidik sangat penting dalam memberikan pemahaman tentang menarche, strategi, dan pendekatan yang diterapkan. Modifikasi strategi dalam memberikan pemahaman tentang menarche dapat membantu siswi lebih siap dalam menghadapi perubahan tersebut. Siswi yang mendapatkan edukasi mengenai menarche cenderung lebih tenang dan positif dalam menghadapi perubahan fisik dan emosional yang terkait dengan menarche, sehingga meningkatkan kesejahteraan psikologis mereka. Penelitian ini memberikan wawasan tentang pentingnya peran guru dalam mempersiapkan siswi menghadapi menarche dan implikasinya terhadap kesejahteraan siswi di lingkungan sekolah.  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024