Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi campuran bahan dapur yang dapat digunakan sebagai suplemen bahan ajar untuk materi perubahan wujud IPA SMP. Penelitian ini didasarkan pada kebutuhan untuk mengembangkan metode yang menarik dan interaktif dalam mengajar konsep perubahan wujud kepada siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, dimana berbagai campuran bahan dapur diuji untuk mengamati perubahan wujud yang terjadi. Beberapa campuran yang diuji meliputi campuran air, garam, gula, soda kue, krim tartar, dan lainnya. Dari 9 eksperimen yang telah dilakukan, terdapat 5 eksperimen yang mengalami lebih dari satu proses perubahan wujud, sedangkan 4 eksperimen lainnya hanya mengalami satu proses perubahan wujud. Dalam konteks bahan ajar, penelitian ini menunjukkan bahwa menggunakan campuran bahan dapur sebagai suplemen dapat menjadi alternatif bagi guru untuk meningkatkan pemahaman siswa. Bahan-bahan dapur yang mudah didapatkan juga membuat pengajaran lebih mudah dilakukan oleh guru dan siswa.
Copyrights © 2023