PANDU: Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum
Vol 2 No 2 (2024): MEI

PERAN ANALISIS BUTIR SOAL TERHADAP KUALITAS SOAL, KOMPETENSI GURU, DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR

Ivtari Savika, Helda (Unknown)
Aminatuz Zuhriyah, Indah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pentingnya kualitas soal sebagai alat evaluasi dalam pendidikan, khususnya di tingkat sekolah dasar yaitu di SDN 2 Sumberagung. Soal yang berkualitas memiliki peran penting dalam meningkatkan kompetensi guru dan hasil belajar peserta didik. Artikel ini berfokus pada peran analisis butir soal dalam meningkatkan kualitas soal, kompetensi guru, dan prestasi belajar peserta didik di SDN 2 Sumberagung. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan studi literatur. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan guru, observasi kelas, dokumentasi, jurnal akademik, buku, artikel, dan laporan penelitian yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis butir soal dapat membantu guru membuat penilaian yang lebih akurat, meningkatkan kualitas soal yang dibuat, meningkatkan keterampilan penting pada kompetensi guru, meningkatkan kualitas evaluasi dan prestasi belajar peserta didik tidak hanya mengukur kemampuan mengingat, tetapi juga pemahaman dan aplikasi. Hal ini berkontribusi pada peningkatan kualitas soal yang lebih valid dan reliabel. Selain itu, kompetensi guru dalam merancang soal juga meningkat berkat umpan balik dan refleksi dari hasil analisis. Peningkatan prestasi belajar siswa juga terlihat seiring dengan perbaikan kualitas soal dan metode pengajaran yang lebih efektif. Kesimpulannya, analisis butir soal sangat penting dalam meningkatkan kualitas soal, kompetensi guru, dan prestasi belajar peserta didik. Oleh karena itu, disarankan agar semua sekolah dasar mengintegrasikan analisis butir soal sebagai bagian dari program pengembangan profesional guru.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pandu

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal PANDU merupakan jurnal penelitian peer-review akses terbuka yang berfokus dalam kajian pendidikan anak dan pendidikan umum. Jurnal PANDU menyediakan platform yang menyambut dan mengakui artikel penelitian empiris original di bidang pendidikan yang ditulis oleh peneliti, akademisi, ...