Dalam pembelajaran matematika, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih terbilang lemah, hal ini ditandai dengan kesulitan yang dialami siswa ketika diberikan soal berbentuk cerita. Kurangnya minat belajar siswa terhadap matematika menjadi salah satu penyebab rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengulas secara mendalam tentang kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi SPLTV ditinjau dari minat belajar matematika. Jenis penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian terdiri dari tiga siswa kelas X MIA yang terpilih dari masing-masing kriteria minat belajar matematika, yaitu dari minat belajar tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data meliputi angket minat belajar, soal tes KPMM dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Siswa dengan minat belajar matematika tinggi mampu menyelesaikan seluruh indikator pemecahan masalah menurut Polya dengan baik dan sistematis; 2) Siswa dengan minat belajar matematika sedang, mampu memenuhi sebagian besar indikator pemecahan masalah, hanya saja tidak mampu pada tahap memeriksa kembali; dan 3) Siswa dengan minat belajar matematika rendah, mampu memenuhi sebagian indikator pemecahan masalah yaitu pada tahap memahami masalah dan merencanakan masalah namun belum mampu memenuhi tahapan yang lain.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024