Kompetensi menjadi dasar untuk mengetahui kualitas citra guru. Berbeda dengan tes potensial, ketika menilai kompetensi, contoh perilaku yang terjadi dalam situasi kerja harus diambil. Guru harus mampu menyiapkan instrumen tes dan non tes. Penilaian hasil belajar siswa merupakan kegiatan wajib bagi setiap guru. Tujuannya untuk memberikan informasi tentang penguasaan materi dan keterampilan siswa. Tujuan jurnal ini adalah untuk mengidentifikasi skor dan metrik kompetensi. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil yang diperoleh setelah penelitian, pengaruh kompetensi profesional mempunyai hubungan yang signifikan terhadap evaluasi pembelajaran PAI. Rata-rata profil kualitas keterampilan penilaian peserta didik PAI sebesar 33,33% yang berarti guru PAI belum menguasai.
Copyrights © 2024