PANDU: Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum
Vol 2 No 1 (2024): FEBRUARI

PENGGUNAAN SKOR DAN PENGUKURAN DALAM KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAI TERHADAP EVALUASI PEMBELAJARAN DI SMP MUHAMMADIYAH 6 SURAKARTA

Rizqyana Putri Adystiani Zahroh (Unknown)
Fadhilah Hasanah (Unknown)
Amelia Duwi Andini (Unknown)
Kusna Hidayatul Farida (Unknown)
Munailah Nida Fauziyah (Unknown)
Intan Mutiara Fajrin, Rara (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2024

Abstract

Kompetensi menjadi dasar untuk mengetahui kualitas citra guru. Berbeda dengan tes potensial, ketika menilai kompetensi, contoh perilaku yang terjadi dalam situasi kerja harus diambil. Guru harus mampu menyiapkan instrumen tes dan non tes. Penilaian hasil belajar siswa merupakan kegiatan wajib bagi setiap guru. Tujuannya untuk memberikan informasi tentang penguasaan materi dan keterampilan siswa. Tujuan jurnal ini adalah untuk mengidentifikasi skor dan metrik kompetensi. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil yang diperoleh setelah penelitian, pengaruh kompetensi profesional mempunyai hubungan yang signifikan terhadap evaluasi pembelajaran PAI. Rata-rata profil kualitas keterampilan penilaian peserta didik PAI sebesar 33,33% yang berarti guru PAI belum menguasai.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pandu

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal PANDU merupakan jurnal penelitian peer-review akses terbuka yang berfokus dalam kajian pendidikan anak dan pendidikan umum. Jurnal PANDU menyediakan platform yang menyambut dan mengakui artikel penelitian empiris original di bidang pendidikan yang ditulis oleh peneliti, akademisi, ...