Kepercayaan diri penting dalam pendidikan dasar karena memengaruhi prestasi, partisipasi aktif, dan perkembangan sosial siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SDN Setiabudi 01 Pagi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui survei. Populasi penelitian ini adalah siswa SDN Setiabudi 01 Pagi, dengan jumlah sampel sebanyak 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner kepercayaan diri PPKn, yang didasarkan pada lima indikator kepercayaan diri menurut Lauster yaitu: keyakinan pada kemampuan diri, objektif, optimis, bertanggung jawab, dan rasional serta realistis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa SDN Setiabudi 01 Pagi memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi, yaitu sebesar 73,168.
Copyrights © 2024