Molluca Journal of Chemistry Education (MJoCE)
Vol 14 No 1 (2024): MJoCE

PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF (E-MODUL) BERBASIS FLIPBOOK PADA MATA KULIAH DASAR-DASAR KIMIA ORGANIK MATERI ASAM KARBOKSILAT

Wijaya, Jefry (Unknown)
Lokollo, Lita (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk e-modul interaktif berbasis Flipbook Dasar-Dasar Kimia Organik; (2) mengetahui tingkat kelayakan dan respon mahasiswa terhadap e-modul Dasar-Dasar Kimia Organik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development, R&D). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah 33 mahasiswa Semester III Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Pattimura. Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian yang digunakan adalah teknik wawancara, lembar validasi dan angket respon mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif untuk mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul Dasar-dasar Kimia organik yang dihasilkan dapat diakses secara online dan offline. E-modul ini dapat digunakan sebagai sumber belajar baik secara mandiri maupun dalam proses pembelajaran. Produk e-modul Dasar-dasar Kimia organik yang dihasilkan memperoleh penilaian layak dari hasil validasi ahli materi dan ahli media, dengan nilai rata-rata 3,6. Uji coba produk e-modul pada mahasiswa memperoleh respon positif yang artinya e-modul ini dapat diimplementasikan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mjoce

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Molluca Journal of Chemistry Education (MJoCE) merupakan jurnal ilmiah berkala dengan ciri khas/identitas Kimia dari Maluku, seperti: minyak atsiri, produk dan pangan laut, pendidikan kimia yang berkarakter kelautan dan kepulauan, dll. Jurnal ini berisi tulisan ilmiah tentang bidang kimia yang ...