Batakarang
Vol. 5 No. 1a (2024)

AKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING SELAMA PANDEMI COVID-19: STUDENT LEARNING ACTIVITIES USING THE BLENDED LEARNING MODEL DURING COVID_19 PANDEMIC

Indriani Rambu (Unknown)
Tety Setiawaty (Unknown)
Paul G. Tamelan (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah; 1) untuk mengetahui permasalahan aktivitas belajar mahasiswa menggunakan model pembelajaran blended learning selama pandemi Covid-19; 2. untuk mengetahui permasalahan aktivitas apa saja yang dilakukan mahasiswa jika mengalami kesulitan belajar menggunakan model pembelajaran blended learning selama pandemi Covid-19; dan 3) untuk mengetahui permasalahan pengaruh aktivitas belajar mahasiswa terhadap pembelajaran belajar blended learning pada masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan Analisis Regresi Linear Sederhana. Penelitian ini dilaksanakan pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan (PTB), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana dengan jumlah sampel mahasiswa dari angkatan 2018 - 2021 jumlah sampel 91 mahasiswa, Pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner yang dikembangkan dari variabel Aktivitas Belajar (X) dan Pembelajaran Blended Learning (Y); 1) Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan aktivitas belajar mahasiswa menjadi menurun disebabkan kurang semangat dalam belajar, malas mengerjakan tugas, kurangnya aktivitas bertanya dan menjawab pertanyaan, kurangnya ketersediaan sarana dan prasarana, dan kondisi lingkungan yang kurang bagus sehingga mahasiswa dengan dosen mau tidak mau harus berjuang agar proses perkuliahan tetap berjalan, mahasiswa dituntut untuk tetap mempunyai semangat dalam menjalani aktivitas belajar; 2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk meningkatkan aktivitas belajar dalam pembelajaran blended learning, segala pengetahuan itu harus di peroleh dengan pengamatan sendiri, penyelidikan sendiri, dengan bekerja sendiri, dengan fasilitas yang diciptakan sendiri, baik rohani maupun teknis. 3) Hasil penelitian ini menunjukkan hasil pengujian analisis regresi linear sederhana dengan rumus Y = 29,657 + 0,275 X sehingga dapat diketahui bahwa Jika Nilai konstanta sebesar 29,657 artinya bahwa variabel aktivitas belajar terhadap pembelajaran blended learning meningkat sebesar 29,657, dan Jika Nilai koefisien Aktivitas Belajar (X) sebesar 0,275. Hal ini berarti bahwa jika variabel aktivitas belajar mahasiswa meningkat sebesar 1 kali. Maka pembelajaran blended learning meningkat sebesar 0,275. dengan uji t Pengaruh Aktivitas Belajar Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Blended Learning adalah sebesar 0,000> 0,05 dan t hitung 4,787 > t tabel 1,667 dapat disimpulkan bahwa variabel X berpengaruh terhadap variabel Y.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

batakarang

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education Engineering Environmental Science

Description

Jurnal Batakarang Pendidikan Teknik Bangunan (Jurang PTB) adalah Jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FKIP Undana. Jurnal Batakarang PTB merupakan media publikasi karya-karya ilmiah khususnya hasil penelitian dalam bidang pendidikan, pendidikan teknik bangunan, ...