Permasalahan yang terjadi karena Kurangnya media bahan ajar dan pembelajaran yang bersifat monoton pada mata pelajaran ketamansiswaan di sekolah SMA Tamansiswa kota Mojokerto yang menjadikan anak tidak aktif ataupun ketidaktertarikan pada mata pelajaran keTamansiswaan di sekolah SMA Tamansiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media buku komik terhadap motivasi belajar ilmu sejarah kisah Ki Hadjar Dewantara dalam perjuangannya mendirikan sekolah Tamansiswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian angket. Model penelitian menggunakan ADDIE yang memiliki tahapan Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Subyek Penelitian ini sebanyak 15 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa uji pakar/validasi pakar, dan pengambilan angket. Hasil penelitian menunjukkan produk yang dihasilkan: (1) Media berupa buku komik tentang sejarah kisah Ki Hadjar Dewantara sebagai pendiri sekolah Tamansiswa di Indonesia. (2) Kevalidan media buku komik ditunjukkan dengan hasil uji ahli/uji pakar materi dan media. Pada uji pakar materi diperoleh skor 93,6 dengan kategori sangat baik dan uji pakar media diperoleh skor 89,13 dengan kategori sangat baik. Keefektifan media buku komik ditujukan dengan hasil angket respon siswa dengan skor 88,6 yang tergolong kategori sangat baik.
Copyrights © 2024