JTPVI: Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia
Vol. 2 No. 1 (2024): JTPVI: Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia

Pengembangan Video Pembelajaran Sistem Pendingin Pada Mata Pelajaran Perawatan Mesin Sepeda Motor Kelas XI TSM di SMKN 1 Bukittinggi

Luthfi, Muhammad (Unknown)
Andrizal (Unknown)
Nasir, M (Unknown)
Hidayat, Nuzul (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Nov 2023

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran yang masih menggunakan metode ceramah serta kurangnya penggunaan media pembelajaran menyebabkan rendahnya motivasi peserta didik dalam belajar dan kesulitan dalam memahami materi yang diajarkan, terutama dalam topik sistem pendingin mesin pada mata pelajaran perawatan mesin sepeda motor kelas 11 TSM. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media video yang dapat membantu guru meningkatkan efektivitas proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menerapkan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran adalah pilihan yang tepat digunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini didukung oleh hasil validasi dari validator materi yang mendapatkan persentase 90% dengan kategori "sangat layak," serta hasil validasi dari validator media dengan persentase 87% dengan kategori "sangat layak." Selain itu, uji lapangan kepada peserta didik mendapatkan persentase 82% dengan kategori “sangat layak”. The implementation of teaching that still relies on lecture-based methods and the limited use of instructional media has resulted in low student motivation and difficulties in comprehending the material taught, particularly in the topic of engine cooling systems in the 11th-grade Motorcycle Engine Maintenance subject. This research aims to develop a video-based media to assist teachers in enhancing the effectiveness of the learning process. The study utilizes the research and development (R&D) method, applying the 4D model (Define, Design, Develop, and Disseminate). The research findings indicate that video-based learning is a suitable choice for the teaching process. This is supported by the validation results from content validators, which achieved a 90% rating in the "highly feasible" category, as well as validation results from media validators, receiving an 87% rating in the "highly feasible" category. Furthermore, the field test with students resulted in an 82% rating in the "highly feasible" category.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jtpvi

Publisher

Subject

Automotive Engineering Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Other

Description

AIM JTPVI: Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia adalah jurnal ilmiah yang bertujuan untuk menjadi tempat berbagi ilmu pengetahuan hasil penelitian berkualitas tinggi di semua aspek teknologi dan pendidikan kejuruan. Jurnal ini menerbitkan manuskrip yang berisi karya mutakhir dalam teori ...