Peningkatan hasil belajar siswa menjadi salah satu ciri dari berhasilnya tujuan pendidikan. Keberhasilan tersebut tidak terlepas dari peranan guru. Siswa kejuruan menjalankan pembelajaran praktik dengan harapan membantu meningkatkan kompetensi dan keahlian siswa. Efektiviatas pembelajaran praktik yang disampaikan guru akan memberikan kontribusi yang optimal terhadap capaian hasil belajar siswa. Penelitian bertujuan menganalisis keterkaitan efektivitas pembelajaran praktik tehadap hasil belajar siswa. Riset ini merupakan bagian dari penelitian korelatif dengan bantuan analisis data menggunakan SPSS dalam mengolah data. Hasil uji hipotesis yang dilakukan, menghasilkan koefisisen korelasi r hitung (0,910) > r tabel (0,308) dan didapat t hitung (11,979) > t tabel (2,020) dengan α = 0,05. Hasil analisis data menyatakan terdapat hubungan positif dari korelasi efektivitas pembelajaran praktik dan hasil belajar siswa. Improving student learning outcomes is one of the characteristics of successful educational goals. This success cannot be separated from the role of teachers. Vocational students carry out practical learning with the hope of helping to improve student competence and expertise. The effectiveness of practical learning delivered by teachers will provide optimal contribution to the achievement of student learning outcomes. The study aims to analyze the relationship between the effectiveness of practical learning and student learning outcomes. This research is part of a correlative study with the help of data analysis using SPSS in processing data. The results of the hypothesis test conducted, produced a correlation coefficient r count (0.910)> r table (0.308) and obtained t count (11.979)> t table (2.020) with α = 0.05. The results of the data analysis stated that there was a positive relationship between the correlation of the effectiveness of practical learning and student learning outcomes.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024