Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak terhadap torsi dan daya sepeda motor saat menggunakan clutch disc dan clutch spring standar dengan aftermarket. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen menggunakan sepeda motor Honda Supra X 125 FI. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara pengumpulan data secara langsung pada sepeda motor Honda Supra X 125 FI, kemudian hasil uji diolah menggunakan teknik analisis deskriptif persentase. Penelitian ini membandingkan torsi dan daya yang dihasilkan saat menggunakan clutch disc dan clutch spring standar dengan aftermarket.  Penggunaan clutch disc standar dengan clutch spring aftermarket yang paling ideal dalam meningkatkan torsi dan daya, dengan peningkatan torsi sekitar 0,3% dan peningkatan daya sekitar 4,3%. Dibandingkan dengan penggunaan clutch disc standar dengan clutch spring standar. This research aims to analyze the impact on motorbike torque and power when using standard and aftermarket of  clutch disc and clutch springs. The method used in this research was an experiment with the Honda Supra X 125 FI motorcycle. The data collection technique in this research was carried out by collecting data directly on the Honda Supra X 125 FI motorcycle, then the test results were processed using descriptive percentage analysis techniques. This research compares the torque and power produced when using standard clutch disc and aftermarket clutch springs ones. Using standard clutch disc with spring aftermarket clutches is the most ideal increased torque and power with an increase in torque of around 0.3% and an increase in power of around 4.3%. Compared to using standard clutch disc with standard clutch springs.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024