Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas III di SDN Kramat 06 Pagi yang memiliki kemampuan rendah dalam mata pelajaran tersebut. Dalam penelitian ini, penulis menerapkan model pembelajaran Small Group Work (SGW) dengan menggunakan media gambar. Data prestasi belajar siswa dikumpulkan melalui tes dan dianalisis dengan metode deskriptif baik untuk data kualitatif maupun data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran SGW dengan media gambar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Pada awalnya, nilai rata-rata siswa adalah 60,76 dan meningkat menjadi 70,51 pada siklus I, serta mencapai 79,74 pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan, dengan persentase awal hanya 30,76% kemudian meningkat menjadi 82,05% pada siklus I, dan akhirnya mencapai 100% pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran SGW dengan media gambar efektif dalam meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas III di SDN Kramat 06 Pagi pada semester II tahun pelajaran 2023/2024.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023