Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora
Vol. 3 No. 1: Nopember 2023

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION MEDIA GAMBAR DAN AUDIO VISUAL

Insyirah Meizaluna Ageng Pritami (Unknown)
Putri Handayani (Unknown)
Puspita Cahya Lestari (Unknown)
Dea Gita Tasya (Unknown)
Lutfiah Mualifa (Unknown)
Arita Marini (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas III di SDN Kramat 06 Pagi yang memiliki kemampuan rendah dalam mata pelajaran tersebut. Dalam penelitian ini, penulis menerapkan model pembelajaran Small Group Work (SGW) dengan menggunakan media gambar. Data prestasi belajar siswa dikumpulkan melalui tes dan dianalisis dengan metode deskriptif baik untuk data kualitatif maupun data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran SGW dengan media gambar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Pada awalnya, nilai rata-rata siswa adalah 60,76 dan meningkat menjadi 70,51 pada siklus I, serta mencapai 79,74 pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan, dengan persentase awal hanya 30,76% kemudian meningkat menjadi 82,05% pada siklus I, dan akhirnya mencapai 100% pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran SGW dengan media gambar efektif dalam meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas III di SDN Kramat 06 Pagi pada semester II tahun pelajaran 2023/2024.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPDSH

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora accomodates original research, or theoretical papers. We invite critical and constructive inquiries into wide range of fields of study with emphasis on interdisciplinary approaches: Humanities and Social sciences, that include: Educational and social ...