Pemanfaatan teknologi informasi yang berkembang pesat pada abad ke-21 memiliki potensi besar dalam pembelajaran biologi. Teknologi informasi telah menjadikan kegiatan praktikum tidak hanya dilaksanakan secara konvensional saja, namun juga secara virtual. Studi literatur ini bertujuan untuk mengkaji mengenai laboratorium konvensional dan virtual dalam efektivitas dan motivasi pembelajaran biologi, sehingga dapat dijadikan sebagai rujukan dalam pemilihan metode praktikum biologi. Studi literatur ini menggunakan desain literature review. Kriteria pengumpulan artikel inklusi, yaitu artikel . Artikel yang telah terkumpul dianalisis dengan simplified approach. Hasil studi literatur ini menunjukan bahwa laboratorium virtual memiliki karakteristik pemilihan topik biologi yang umumnya bersifat abstrak. Laboratorium virtual juga mendapatkan hasil yang positif dalam peningkatan hasil belajar dan meningkatkan motivasi, meskipun beberapa temuan menyatakan bahwa motivasi pada penggunaan laboratorium virtual tidak selalu memberikan peningkatan atau tidak ada perbedaan yang nyata dengan laboratorium konvensional. Laboratorium virtual tidak dapat seutuhnya menggantikan peranan laboratorium konvensional, tetapi dapat mengoptimalkan proses pembelajaran serta melengkapi kekurangan laboratorium konvensional dan menjadi alternatif ketika pelaksanaan labortorium konvensional tidak memungkinkan.
Copyrights © 2024